Langsung ke konten utama

Cerpen anak seri 2

JAMBU PAK MANTEN

Siang itu dua sahabat Antok dan Boni pulang sekolah. Seperti biasanya mereka pulang melewati jalan yang sama menuju rumah mereka yang kebetulan berdekatan.

“Tok , jadi tidak rencananya?” Tanya Boni pada antok. “Rencana apa sih..” Balas Antok pura-pura lupa. Padahal ia masih ingat rencananya ketika pulang sekolah. Dua sahabat itu mempunyai suatu rencana. Tapi rupanya Antok ragu-ragu, ia ingat saat pelajaran Agama di kelasnya bahwa mengambil barang orang lain tanpa ijin itu dilarang.”Hah,bias-bisa nanti aku masuk neraka” gumam Antok dalam hati.”Bon aku takut..” kata Anton mengungkapkan keraguannya. Dalam hati Anton berniat membatalkan niatnya. Padahal sebentar lagi mereka akan sampai di depan rumah Pak Manten yang sepi dengan halaman luas ditumbuhi banyak-buah-buahan.Buah jambu yang ranum menggoda hati dua sahabat untuk memetiknya. “Kita mau minta ijin

“Kalau kita mengambil barang punya orang memang berdosa Tok, tapi kalau tidak ada orangnya bagaimana kita mau minta ijin”Ujar Boni mencoba membujuk antok.”Lagian cuman Jambu Tok, bukan barang yang berharga” tambah Boni lagi yang semakin menggoyahkan hatinya. Benar juga batin Antok, Pak Manten kan orang yang kaya berarti buah jambu tidak berharga baginya. Hati antok mulai goyah dengan pendirian semula. Dan ketika mereka sampai di depan pekarangan pak Manten dengan pohon jambunya yang ranum menjuntai keluar pagar. Dengan mudahnya Boni danAntok memetiknya tanpa seorangpun mengetahuinya karena siang itu kebetulan pak Manten tidak ada di rumah. “ Sudah Bon jangan banyak-banyak “ kata antok yang melihat Boni memasukkan buah jambunya yang ranum kedalam tas sekolahnya.Dalam perjalanan pulang mereka memakan jambunya dengan lahap sampai tak tersisa sedikitpun.”Bagaimana tok , enak kan?” Tanya Boni. “iya bon, segar banget, Besok Lagi Ya” imbuh Antok . Dan merekapun berpisah untuk menuju rumahnya masing-masing. Tapi sesampainay di rumah Antok terasa mual-dan mules perutnya ia segera ke kamar mandi ingin buang air besar.Antok selesai keluar dari kamar mandi tapi mules di perutnya juga belum hilang maka ia memutuskan untuk pergi tidur tanpa berani menceritakan pada orang tuanya apa yang sebenarnya terjadi.

Dalam tidurnaya Antok merasa ada di suatu tempat yang sangat asing baginya.Di sebuah tempat yang indah dengan istana yang megah dan phon-pohonan berbuah lebat. Anton jadi ingin memetik buahnya dan ketika ia mengendap endap mendekati pohon buah itu tiba-tiba ada suara menggema “Jika kamu mau mengambil sesuatu maka kamu harus minta ijin dulu pada yang punya”. Antok kaget dan mengurungkan niatnya. Tapi ia sangat tergoda dengan kesegaran buah itu maka ia berniat minta ijin saja pada yang punya seperti perintah suara yang menggema tadi. Antok pun berjalan menuju Rumah yang megah bagai istana itu sesampai di depan pintu ia berhenti dan mengetuk pintunya. Belum sempat dibuka pintunya tiba –tiba Antok dibangunkan oleh Ibunya yang sudah ada di sampingnya. “Bagun tok,kamu kan belum makan sejak pulang sekolah tadi !” kata Ibunya .Antok segera menuju ruang makan dengan badan yang masih lemas. Tapi dalam hatinya ia bersyukur bahwa sakit perutnya telah sembuh.Di meja makan ibunya sudah menyiapkan makanan kesukaanya sayur lodeh sambal terasi dan lauk ikan asin.”wah sedap bu,ini baru yang namanya makan” kata Anton menoleh pada ibunya yang juga bersiap untuk makan bersama.Dalam hati Anton masih heran kenapa sakit perutnya tiba-tiba sembuh. Sambil melahap makanan yang telah terhidang di piringnya Anton berniat untuk meminta maaf Pada pak Manten.

Esoknya Antok menemui Boni dan menceritakan kisahnya dan niatnya untuk meminta maaf pada pak Manten. Boni setuju pulang sekolah mereka berlajan menuju rumah pak Manten yang halamanya banyak ditumbuhi Pohon lebat dengan aneka buah-buahan. Tapi kali ini tidak untuk mengambil buah-buahan yang ranum itu melainkan hanya untuk meminta maaf pada pemiliknya.

“ Tok.tok.tok” antok mengetuk pintu rumah dengan kerasnya.Sementara mereka menunggu dengan hati berdebar,tiba-tiba pintu dibuka dan seorang bapak-bapak keluar.

“ Ada apa ya Nak, oya mari silakan duduk “ mkata bapak itu sambil berjalan menuju terasnya yang luas dengan kursi rotanya yang empuk.Boni dan Anton mengikutinya. “ee,,kamu aja Bon yang ngomong” anton berbisik pada Boni yang duduk di sebelahnya ia ragu untuk mengucapkannya. “udah kamu aja” desak Boni. “ada apa Nak kok tumben kalian datang “ kata bapak itu dengn ramah setelah mereka duduk. “ee begini Pak,me e maaf” akhirnya Antok mencoba memberanikan diri. “Maaf memngnya kenapa” timpal bapak itu.”maaf kalau kami kemarin mengambil memetik jambunya bapak tanpa ijin” ujar Antok terbata-bata. “Ha ha ha…..” bapak itu malah tertawa. “Kalian itu lucu” imbuhnya lagi. “ya sudah bapak maafkan, Malah bapak ingin minta tolong untuk memetikkan buahnya kalau kalian mau”. Kata pak Manten. “ya mau pak “ kata Boni dan Antok hamper serempak. “tapi besok minggu saja Ya pak” tambah Antok menjelaskan. Anton mulai lega karena ia sudah minta maaf pada pak Manten.Akhirnya mereka berpamitan. Dalam hati mereka berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan mereka yaitu mengambil barang kepunyaan orang lain tanpa meminta ijin terlebih dahulu.

by. Purwoko, S.Pd

Komentar

  1. cerpen ini pernah saya ikutkan dalam lomba cerpen anak untuk guru....tapi belum dapat nominasi....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK GIRIPURO SUMPIUH.....BISA!

EKSKUL SENI RUPA DI SMK GIRIPURO SUMPIUH Kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan di luar jam pelajaran atau setelah pulang sekolah adalah wadah yang baik bagi generasi muda yang ingin mengasah sekaligus berkreasi mengisi hari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat untuk menggali potensi dan meraih prestasi. Ada seabrek kegiatan ekskul di SMK JIPI-begitu sebutan gaul SMK kami SMK Giripuro.Sumpiuh, salah satunya ya kegiatan ekskul seni rupa. Program kerja dan materi bimbingan Materi ekskul seni rupa bukan hanya belajar melukis yang istilahnya adalah fine art yang lebih menitikberatkan pada seni untuk seni. Tapi kami berusaha menampilkan seni yang applied art atau usefull art.Kenapa bisa begitu? Karena berdasarkan latar belakang pembimbing ekskul seni rupa bahwa seni memang bukan untuk seni tapi untuk hidup dan harus diterapkan dan bermanfaat serta berdayaguna bagi kemanusiaan dan kehidupan secara umum.Apa contoh konkritnya????.... Materi yang sedang trend antara lain yaitu: 1.Seni

Seni Rupa Tradisi

A.Seni Rupa Tradisi Faktor alam, letak geografis, waktu dan interaksi menjadi penyebab perbedaan tradisi atau kebiasaan sebuah daerah. 1. Seni Lukis dan Seni Hias Pola lukis dan hias tradisi di Nusantara mempunyai banyak keragaman terutama pola hias geometrik yang mempunyai banyak keragaman. Pola hias geometrik yaitu pola hias yang berasal dari bentuk-bentuk dasar atau sederhana misal bentuk dasar lingkaran,persegi empat dan segitiga.Dari bentuk dasar tersebut dapat dikembangkan menjadi motif hias seperti motif pilin berganda,swastika, motif meander, tumpal, dan anyaman  Motif Meander

TIPS MERAWAT KOMPUTER

TIPS MERAWAT KOMPUTER -Apa yang sobat-sobat lakukan ketika komputer tiba-tiba restart dan bahkan sering 'hang' dan pada akhirnya komputer tidak dapat dinyalakan lagi alias hanya tampilan layar biru yang mengisyaratkan bawa komputer komputer tersebut dalam keadaan eror berat. Nah kalau sudah begini ada beberapa cara mengatasinya antara lain : dengan cara menginstal ulang windows 89, cara menginstall ulang windows XP cara menginstall ulang windows 7 atau dengan cara membasmi virus di komputer.   Tapi sebelum hal tersebut terjadi ada istilah mencegah lebih baik daripada mengobati. Dalam hal pencegahan penyakit di Komputer langkah-langkah pencegahan dan Tips Merawat Komputer: 1. Hati-hati dalam menggunakan flashdisk denngan cara melakukan scan antivirus pada flashdisk sebelum kita buka di komputer. karena flashdisk merupakan perangkat yang paling rentan terhadap  serangan virus komputer. 2. Install salah satu program anti virus seperti AVG atau Avira 3. Selalu